Mari berkenalan dengan Yii Framework

Posted in
by Maz Eko


Selamat Pagi Temen Gudang Software semua lama banget nih ane gag nulis di blog kesayangan ini, yah... karena waktu yang belum mengijin kan ane untuk nulis kalee.. hehehe..., di pagi yang cerah n dingin banget ni, ane pengen membahas tentang sebuah FrameWork baru yang bernama Yii Wow.. Apa itu... ??? wah namne aneh2 yang bernamaYii besok palagi ya kira2.. YUU kah,,, hehehe,,,  yah Ane tau juga dari temen ane Pakirwan.web.id beliau yang meminta ane untuk cari2 info tentang Yii Framework ini, katanya sih ada Job... Job apa juga gag tau, xixixix...dan kebetulan dapet sedikit pencerahan dari Bli Gede Lumbung, so,,, tambah semangat deh nulisnya, apalagi ditemani Mas brow Hariz (Savana21). 

Oke Langsung saja Kita Bahas Apa Itu Yii Framework  (Agak Serius nih)
 
Pengertian

Yii adalah Framework (kerangka kerja) PHP berbasis-komponen, berkinerja tinggi untuk pengembangan aplikasi Web berskala-besar. Yii menyediakan reusability maksimum dalam pemrograman Web dan mampu meningkatkan kecepatan pengembangan secara signifikan. Nama Yii (dieja sebagai /i:/) singkatan dari "Yes It Is!".

Yii Paling Cocok untuk Apa Sih?

Yii adalah framework pemrograman umum Web yang bisa dipakai untuk mengembangkan semua jenis aplikasi Web. Dikarenakan sangat ringan dan dilengkapi dengan mekanisme caching yang canggih, Yii sangat cocok untuk pengembangan aplikasi dengan lalu lintas-tinggi, seperti portal, forum, sistem manajemen konten (CMS), sistem e-commerce, dan lain-lain.

Bagaimana Yii Dibandingkan dengan Framework Lain?

Seperti kebanyakan PHP framework, Yii adalah MVC framework. Yii melampaui framework PHP lain dalam hal efisiensi, kekayaan-fitur, dan kejelasan dokumentasi. Yii didesain dengan hati-hati dari awal agar sesuai untuk pengembangan aplikasi Web secara serius. Yii bukan berasal dari produk pada beberapa proyek maupun konglomerasi pekerjaan pihak-ketiga. Yii adalah hasil dari pengalaman kaya para pembuat pada pengembangan aplikasi Web dan investigasi framework pemrograman Web dan aplikasi yang paling popular.

Oke Jika Sudah Ngerti  Maksud dan tujuannya Langkah Selanjutnya  adalah ke TKP untuk mencobanya.
Sebelum mencoba Silahkan Dunlud dulu Yii Framework

Setelah mendownload paket, maka kita cukup ekstrak keluar ke document root Apache. Bagi yang menggunakan XAMPP maka document root-nya adalah folder /xampp/htdocs, untuk WAMP adalah folder /wamp/www. Sedangkan yang menggunakan Linux tergantung setting Apache.
Sebetulnya kita boleh cukup meletakkan folder “framework” saja di document root (atau bahkan di luar document root). Tetapi untuk tahap pengenalan ini maka kita letakkan semua isi folder ke dalam document root.
Setelah ekstrak, maka kita sudah siap menggunakan Yii. Penulis menyarankan untuk me-rename “yii-1.x.x.rxxxx” menjadi “yii” saja agar lebih gampang diakses nantinya.
Sekarang kita mengecek apakah komputer atau server kita mampu menjalankan Yii atau tidak dengan membuka halaman Requirement. Buka browser Anda, kemudian ketik : http://hostname/path/to/yii/requirements/index.php
Misalnya:
http://localhost:8088/yii/requirements/index.php
Jika ada Result yang tertulis “Failed”, maka harus diinstal supaya passed. Umumnya tidak semua “Passed”, bisa saja ada yang tertulis “Warning”. Ini tidak masalah. Misalnya kita hanya berniat membuat aplikasi dengan MySQL, maka PDO SQLite Extension ataupun PDO PostgreSQL extension tidak terinstal pun tidak apa-apa.
Masalah yang umumnya sering dihadapi kemungkinan adalah tidak aktifnya PDO MySQL, PDO SQLite ataupun PDO PostgreSQL. Padahal mungkin kita ingin develop menggunakannya. Untuk mengaktifkannya cukup membuka php.ini yang ada di server. Kemudian cari tulisan seperti ini:
extension=php_pdo_sqlite.dll
extension=php_pdo_mysql_libmysql.dll
extension=php_pdo.dll
Hilangkan saja titik koma di depannya jika ingin mengaktifkan pdo bersangkutan. Setelah itu save dan restart server sekali lagi. dan Bagi Anda yang pengen tau cara install di Mac
silahkan saja kunjungi Blog temen saya yang satu ini gedelumbung.com

Oke, sekian dulu goresan dari ane semoga bermanfaat, dan silahkan Mencoba.